Wapres: Vaksin adalah ikhtiar mencegah keburukan

Wapres: Vaksin adalah ikhtiar mencegah keburukan

masalah pengobatan ini memang ada perintah, ada hadistnya

Jakarta (ANTARA) – Wapres MENODAI Ma’ruf Amin mengatakan vaksinasi ataupun imunisasi merupakan salah satu cara mencegah terjadinya penyakit termasuk selalu dalam pandemi COVID-19.

“Itu bentuk ikhtiar mencegah terjadinya sejenis penyakit jadi imunisasi bagian sebab pada berobat, ” kata Wapres saat berbincang secara virtual dengan juru bicara pemerintah Reisa Broto Asmoro, di Jakarta, Jumat.

Wapres mengatakan pengobatan dibagi menjadi dua yakni kuratif serta preventif. Kuratif ada pengobatan bila sudah terjadi penyakit, sedangkan melindungi sebelum terjadi penyakit.

“Dalam masalah pengobatan ini dasar ada perintah, ada hadistnya. Berobatlah kamu, Allah tidak menetapkan aib kecuali ada obatnya. Setiap keburukan ada obatnya, cuma sudah ditemukan atau belum ditemukan saja. Melainkan yang tidak ada obatnya penyakit pikun, ” ujarnya.

Baca juga: Wapres: Patuh terhadap protokol kesehatan termasuk kategori ibadah

Baca juga: Bio Farma ungkap arahan Wapres soal kehalalan vaksin COVID-19

Dia menekankan imunisasi termasuk pencegahan. Menurutnya dalam dalil umum agama bersiaplah kamu dalam lima hal pra datang lima hal.

Bersiap pada masa muda sebelum kamu tua, masa sehat pra kamu sakit, kaya sebelum bangsat, luang sebelum sibuk, hidup sebelum mati.

Hal itu, kata Wapres, adalah sebuah tindakan preventif.

“Masa bugar harus dipergunakan untuk mencegah lara. Jadi itu barangkali dari imunisasi, ” kata dia.

Baca juga: Ma’ruf Amin tegaskan kehalalan tak me vaksin dari China

Baca juga: Wapres: Pemuka agama berperan penting menahan penularan COVID-19

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020