TikTok dukung JFW 2021, kolaborasikan fesyen dengan teknologi

TikTok dukung JFW 2021, kolaborasikan fesyen dengan teknologi

Ini kendati akhirnya mendorong bagaimana sebuah fesyen berevolusi di platform digital

Jakarta (ANTARA) – Platform distribusi video singkat TikTok mendukung perhelatan mode tahunan Jakarta Fashion Week 2021 (JFW 2021) untuk mengkolaborasikan industri fesyen dan dunia teknologi.

“Fesyen merangkul TikTok serta TikTok pun merangkul fesyen. Tidak sedikit, ada jutaan video TikTok. Bahkan secara global kita memiliki hashtag TikTok Fashion Month, sekarang sudah sampai 3, 2 miliar views . Itu jadi ajang yang dipakai brand populer untuk memperkenalkan dan juga merangkul fesyen, ” ujar Head of User and Content Operations TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra, di temu media secara virtual, Jumat.

Lewat TikTok, Angga melihat, brand dapat memanfaatkan digital tanpa mengubah identitasnya, tanpa mengubah perspektif. Sementara pada waktu yang persis, kreator saat ini dapat meneliti kreativitas yang belum pernah dikerjakan sebelumnya.

Baca juga: TWICE kini punya saluran TikTok sendiri

“Ini pun kesudahannya mendorong bagaimana sebuah fesyen berevolusi di platform digital, ” cakap Angga.

Angga mengecap sejumlah tren berkaitan dengan fesyen muncul belakangan ini, termasuk gaya TikTok Pass The Brush Challenge hingga Shoe Trasition yang memadu padankan sepatu dengan outfit gaya pakaian yang dikenakan.

“Intinya, fesyen sekarang sudah ada pada hati jutaan TikTokers. Hari ini kita sangat bersemangat TikTok berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week buat merangkul perkembangan industri fesyen dalam Negara, ” Angga melanjutkan.

Program Director Jakarta Fashion Week, Zornia Harisantoso, mengatakan kolaborasi bersama TikTok akan semakin memajukan industri fesyen Tanah Air dengan saat ini terdampak pandemi COVID-19.

Mengucapkan juga: Indonesia tidak akan ikut-ikutan larang TikTok

Berdasarkan laporan dari Bain & Company, disebutkan bahwa kemalangan bisnis fesyen diprediksi akan mencapai sebanyak 60 persen akibat pandemi global ini.

“Hampir semua di dunia ini terkena dampak, terutama untuk industri kaya Indonesia, khususnya di dunia fesyen. JFW ini tetap mengadakan JFW 2021, untuk mendorong rekan-rekan pada dunia industri fesyen untuk langsung berkarya, ” ujar Zornia.

Menurut Zornia, kampanye yang diusung JFW tahun ini “Inspiring Creativism, ” sejalan dengan tagline TikTok “Inspiring Creativity, ” sehingga diharap dapat menciptakan konten yang diharap dapat viral secara ijmal.

Tidak hanya tersebut, dengan menonjolkan kreativitas, fesyen menggunakan kolaborasi digital, menurut Zornia, selalu mampu menembus dinding batasan lantaran “image” fesyen sendiri, sehingga dapat lebih dijangkau oleh masyarakat umum.

Membaca juga: TikTok ubah kebijakan perlu perangi hoaks

“Bukan hanya borderless tapi selalu accessible . Dulu mungkin fesyen buat hanya dengan merasa trendy atau yang punya DNA fesyen, tapi sekarang fesyen itu bisa buat siapa saja, sebab semua orang punya preferensi kesukaannya sendiri, ” kata Zornia.

“JFW 2021 ini juga ingin bahwa menunjukkan dunia fesyen itu masih terus berkarya, struggling telah pasti, tapi tidak menyerah, akan tetapi juga adanya TikTok dan content creator menciptakan hype tersendiri, ” dia memasukkan.

TikTok dan Jakarta Fashion Week akan mengadakan the 1st Virtual Fashion Show Kegiatan di Indonesia. Penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung berangkat 26-29 November 2020 di akun resmi @jfwofficial di TikTok.

Secara global, TikTok telah bermitra dengan berbagai brand fesyen, termasuk Puma Louis Vuitton, Saint Laurent, dan banyak brand lainnya untuk menyelenggarakan serangkaian TikTok LIVE.

Baca juga: Jakarta Fashion Week 2021 digelar daring libatkan 60 perancang busana

Baca pula: Jakarta Fashion Week 2021 digelar menyesuaikan era “normal baru”

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020