Menyimak imsakiah puasa Ramadhan 1442 H seluruh wilayah Indonesia

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Jakarta (ANTARA) – Kendati Pemerintah melalui Kementerian Agama baru hendak melaksanakan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1442 Hijriah (H) pada 12 April mendatang namun umum sudah dapat menyimak rancangan imsakiah  puasa tahun 2021.

Masyarakat dapat  tahu jadwal imsakiah puasa untuk  persiapan menjalankan ibadah pertarakan Ramadhan tahun ini melalui laman Bimas Islam Kementerian Agama berikut  https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Dalam laman tersebut tersedia jadwal imsakiah, periode berbuka hingga jadwal shalat untuk seluruh provinsi di Tanah Air. Masyarakat status memilih provinsi dan kota/kabupaten mana dan lantas mencarinya di kolom pencarian.

Sebelumnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi awal Ramadhan 1442 H bakal seragam. Perkiraan itu didasarkan pada kedudukan Bulan saat Maghrib serta kriteria yang biasa dimanfaatkan oleh organisasi keagamaan laksana Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah.

“Insya Allah akan seragam, setidaknya dua ormas Islam gembung NU dan Muhammadiyah itu akan seragam. Jadi mula Ramadhan akan seragam agenda 13 April, ” kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin.

Sementara tersebut, Muhammadiyah telah menetapkan kausa puasa tahun 2021 melorot pada 13 April merujuk hasil perhitungan astronomi (hisab) yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Was-was Muhammadiyah.

“1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021 Masehi, ” kata Ketua Ijmal Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Haedar Nashir.

Kesimpulan itu tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I. 0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal serta Zulhijah 1442 H.

Membaca juga: LAPAN perkirakan pembukaan Ramadhan bakal seragam ditetapkan 13 April
Menangkap juga: Ledakan meteor kritis terjadi pada Ramadhan? Cek faktanya!

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2021