Kepala Jokowi sampaikan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris

Kepala Jokowi sampaikan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris

Selamat kepada @JoeBiden dan @KamalaHarris dalam pemilu historis ini

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris dalam pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2020 melalui akun instagram resminya.

“Selamat kepada @JoeBiden dan @KamalaHarris dalam pemilu historis ini. Kemenangan besar ini ialah refleksi dari harapan atas demokrasi, ” demikian ucapan Presiden Jokowi dalam akun instagramnya pada Minggu (8/11).

Presiden Jokowi juga menyampaikan keinginannya untuk berjalan sama dengan Amerika Serikat pada bawah kepemimpinan Biden.

Baca juga: Kepala: Perpanjangan GSP AS peluang perbaiki investasi

“Saya menantikan kerja sama untuk memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS dan mendorong kerja sama di tempat ekonomi, demokrasi dan multilateralisme untuk kepentingan rakyat kedua negara, ” tambah Presiden Jokowi.

Ucapan selamat tersebut dituliskan pada bahasa Inggris.

Serupa dilaporkan sebelumnya, setelah empat keadaan, kandidat partai Demokrat Joe Biden memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat pada Sabtu (7/11), sebagaimana dilaporkan sejumlah media.

Kepastian itu diperoleh setelah Biden merebut Pennsylvania dan Nevada sehingga mutlak sementara perolehan suara elektoral untuk Biden adalah 290 suara elektoral atau 20 suara elektoral lebih banyak dari batas 270 pandangan elektoral agar memenangkan pemilihan presiden AS tahun ini.

Biden yang akan menjadi pemimpin AS yang ke-46 itu masih bisa menambah 16 suara elektoral dari Georgia dan tengah menuruti Trump di North Carolina dengan memiliki 15 suara elektoral.

Biden bersama Kamala Harris juga unggul baik dalam bahana elektoral maupun popular vote setelah juga melampaui Trump dalam total popular vote, 75 juta suara melawan 70, 6 juta bahana.

Sementara itu, Presiden Donald Trump (7/11) mengatakan di dalam Sabtu, pihaknya akan mulai mengajukan kasus sengketa hasil pemilu GANDAR di pengadilan pekan depan, setelah sejumlah media melaporkan kemenangan Biden, dan menyebut “pemilihan presiden tersebut sama sekali belum selesai”.

Pasangan Biden-Harris dijadwalkan dilantik dalam 20 Januari 2021. Mereka mau memimpin AS hingga 2025.

Baca juga: Presiden ajak apoteker, dokter, perawat sukseskan vaksinasi COVID-19
Membaca juga: Presiden: Pencalonan tuan vila Olimpiade bukan untuk “gagah-gagahan”

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © JARANG 2020