DKI boleh gelar vaksinasi COVID tahap III untuk awak 18 tahun ke tempat

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

ada 3 pertimbangan menyetujui perluasan bahan vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta tersebut, antara asing transmisi penularan masih agung

Jakarta (ANTARA) kacau Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah diperbolehkan menggelar vaksinasi COVID-19 tahap III untuk warga yang berusia 18 tahun ke atas.

Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Aib Kementerian Kesehatan Nomor SR. 02. 04/II/1496/2021 yang diterima di Jakarta pada Rabu, ada tiga pertimbangan pengesahan perluasan sasaran vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: Ini bahan vaksinasi Polda Metro pada warga Jadetabek

Pertama, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan memberikan bahwa transmisi penularan COVID-19 di DKI Jakarta sedang cukup tinggi.

Berdasarkan data yang menyelap ke Kementerian Kesehatan sampai dengan 6 Juni 2021, total kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta sebesar 435. 135 kasus (bertambah 1. 019 orang), dengan kasus aktif sebanyak 11. 516 (2, 6 persen) dan kematian sebanyak 7. 438 kasus (bertambah 15 orang), dimana 35 tip kasus positif aktif dengan gejala sedang sampai secara kritis membutuhkan perawatan pada Rumah Sakit.

Persentase kasus positif di DKI Jakarta selama mulia pekan terakhir juga lebih dari 5 persen (mencapai 7, 62 persen).

Membaca juga: Gramedia Matraman oleh sebab itu tempat pelaksanaan vaksinasi COVID-19

“Hal ini menunjukkan bahwa transmisi penularan penyakit pada Provinsi DKI Jakarta masih cukup tinggi, ” begitu tertulis dalam surat Ditjen P2P kepada Kepala Biro Kesehatan Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Ke-2, vaksinasi COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta masih terpatok pada sasaran yang letak di kawasan permukiman kumuh saja sesuai surat dibanding Direktur Jenderal P2P Nomor SR. 02. 06/II/1134/2021 di 3 Mei 2021 mengenai Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kawasan Permukiman Kumuh Daerah DKI Jakarta.

Saat ini, Pemerintah Daerah DKI Jakarta mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap ke-3 dengan sasaran masyarakat sensitif.

Baca juga: 144 awak RT 03/03 Cilangkap dapat vaksin COVID-19

Ketiga, Jakarta merupakan Ibu Kota Negara yang menjadi pusat pemerintahan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan menilai penting untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menekan dan melayani kasus COVID-19 di wilayahnya.

Salah satunya dengan mencapai imunitas golongan (herd immunity) melalui pengoperasian vaksinasi COVID-19 dengan cakupan yang tinggi dan menyeluruh.

“Mempertimbangkan peristiwa tersebut di atas, oleh karena itu Provinsi DKI Jakarta dapat memperluas sasaran vaksinasi COVID-19 kepada seluruh penduduk usia 18 tahun ke arah, dengan tetap memprioritaskan mas vaksinasi kepada tenaga kesehatan tubuh dan tenaga penunjang dengan bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, kelompok masyarakat lanjut usia, petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat rentan (masyarakat di daerah kumuh, karakter dengan gangguan jiwa, dan pra-lansia) yang belum memperoleh vaksinasi maupun belum sempurna vaksinasinya, ” demikian terekam dalam surat Ditjen P2P Kemkes tersebut.

Namun, implementasi dan muslihat percepatan pelaksanaan vaksinasi disesuaikan dengan kebijakan yang berlaku di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta boleh melakukan koordinasi & kerja sama untuk perluasan dan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan jajaran TNI, Polri, komunitas, organisasi lokal, organisasi keagamaan, dan bagian swasta dalam mendukung capaian target vaksinasi COVID-19 dalam wilayah masing-masing.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021